wllcome


Salju

Som Ah

Selasa, 28 Agustus 2012

Peralatan Utama Model KIT Gundam


Peralatan bantu seperti bor tangan dengan baterai/adaptor listrik, gerinda bermotor/grinding tools, penggaris, penjepit, tidak lupa masker dan kaca mata kerja untuk melindungi paru-paru dan mata terutama pada saat grinding resin (yang cukup karsinogenic untuk jangka panjang, pengecatan dsb), kaca pembesar, meja kerja dan lemari penyimpanan kit, dan meja kerja sangat penting untuk diperhatikan.

Mini grinder/Drill

Grinder ukuran kecil ini penulis beli di Lindeteves. Sangat berguna untuk membentuk plastik (mengukir) karena ada nya grinder pena, dan juga untuk mengikis bagian dari resin (komponen resin aftermarket) yang tidak diinginkan, atau memperbesar lubang, menghilangkan garis atau tonjolan plastik yang tidak diinginkan.

Bisa juga berfungsi sebagai bor, alat ini memiliki pengatur kecepatan putar. Alat lainnya adalah mini drill (dengan batterai selain untuk membor bisa juga sebagai alat untuk grinder/amplas putar. Untuk air intake dsb.

Beli:
Di toko pertukangan, dan alat listrik
Harga: Mini grinder sekitar 500rb an mini drill sekitar 60-70rb an

Penggaris 
Berbagai tipe penggaris besi atau plastik untuk memotong atau mengukur. Yang besi berguna pada pemakaian dengan cutter. Sebenarnya ada juga plat besi flexible (tipis) digunakan untuk scribing. Ada juga semacam alat riveting (untuk membuat pola rivet dengan jarak tertentu (seperti penanda tukang jahit, roda bergerigi) Penulis belum pernah menggunakan ini.

Beli:
Ditoko peralatan tulis, toko model kit untuk scribing guide.

Penjepit, Karet 
Berbagai bentuk penjepit mulai dari penjepit peralatan listrik, paper clip, karet gelang, penjepit jemuran dsb. Sangat bermanfaat digunakan saat melakukan perekatan badan model kit terutama badan utama, sayap dsb. Selotip kertas, masking tape juga bisa digunakan untuk menjamin perekatan sempurna atau pada bagian yang sulit (melengkung misalnya).

Beli:
Di berbagai toko kelontong, peralatan tulis, dsb.

Masker, Sarung tangan karet, Kaca mata safety 
Bermanfaat sanga melakukan pengecatan atau pengikisan, bor dengan grinding tool. Untuk melindungi agar kita tidak menghirup debu cat atau bahan kimia lain. Kacamata safety bermanfaat untuk melindungi dari pecahan kecil. Pengalaman pribadi yang buruk saat mengoperasikan grinding tools. Sarung tangan karet saat menangani bahan kimia seperti resin dsb. Atau pengecetan sehingga tangan tetap bersih.

Beli:
Ditoko bahan bangunan, peralatan pertukangan

Kaca Pembasar (Lup)
Berguna saat melakukan detailing yang kecil. Lebih baik pilih yang memiliki dudukan dan juga lampu sorotnya sehingga lebih mudah digunakan.

Kotak Rupa-Rupa
Bermanfaat untuk menyimpan komponen-komponen yang akan dipasang sehingga tidak berceceran dan hilang. Atau menyimpan sisa-sisa yang tidak terpakai dan bisa digunakan untuk ditailing atau modifikasi model kit lainnya.

Tempat Kerja
Salah satu syarat tempat kerja yang baik adalah penerangan cukup, area bersih dan rapih. Tempatkan peralatan di kotak peralatan atau laci khusus, cat ditempatnya, kuas di tempat pensil. Gunakan penerangan lampu baca yang cukup terang. Tidak disarankan kerja di ruangan berkarpet karena kemungkinan komponen jatuh dan hilang sangat besar.  Gunakan alas kaca untuk memotong dsb. Rapihkan meja kerja sebelum dan setelah kerja.

Lemari Pajangan 
Tentunya sesudah model jadi gunanya untuk dilihat dan dipelototin setiap saat... dan bangga rasanya melihat model yang dibuat susah payah... Apalagi kalau ditaruh di ruang tamu mengundang decak kagum yang melihatnya. Tapi tentunya tidak boleh dipegang pegang... :D




Peralatan-peralatan lain yang berguna dalam perakitan seperti bubuk pastel, plastik decoratif dengan efec kilap hologram, plastik PLA untuk modifikasi kit, tack glue untuk merekatkan berbagai komponen sementara (misalnya pengecatan dsb), Komponen upgrade seperti kit resin, PE (etch) set, decal 3rd party dsb.

Bubuk Pastel
Bubuk pasten non oil (tidak berbahan dasar minyak) ini bisa didapatkan di toko alat tulis bagian art (untuk paintings/melukis). Berupa batangan pastel (bukan crayon) lalu di gerus menggunakan cutter besar sehingga didapatkan bubuk halus. Simpan dalam botol kecil agar tidak terkena udara. Tersedia berbagai warna.

Digunakan untuk proses wheathering. Caranya bubuk pastel dicampur dengan sabun cair 5-10 tetes (untuk setengah sendok teh) tambahkan air sehingga diperoleh cairan kental seperti lumpur. Tidak terlalu kering ataupun encer. Sapukan dengan kuas ke garis-garis recessed panel. Setelah kering bersihkan dengan kain katun/tissue atau cotton but, lalu berikan coating agar permanen.

Beli:
Ditoko peralatan tulis/melukis
Harga
Satu batang sekitar 15-20rb an berbagai warna

Plastik Decoratif
Lembaran plastik decoratif ukuran kecil ini cukup sulit. Penulis mendapat tips dari salah satu website luar, tentang bagaimana cara membuat layar radar tampak seperti efek hologram (berubah warna pada saat dilihat dari sudut pandang berbeda atau pantulan cahaya berbeda. Jika ditempelkan dilatar belakang hitam/gelap maka warnanya meneyerupai layar lcd sedang mati dengan warna realistik dan keren. Bisa digunakan dibagian HUD juga (atau untuk Gundam mungkin bagian mata ya?). Murah namun sangat bermanfaat cari yang model plastiknya agak luas sehingga bisa dipotong persegi dan digunakan. Tipe bintang agak sulit digunakan.

Beli:
Toko pernik-pernik, toko peralatan alat tulis, pesta dsb
Harga:
Satu bungkus cukup 5-rb an

PLA plate/ Plastic Beam
Bahan plastik khusus modeler yang suka menambahkan detil, atau melakukan modifikasi untuk penyempurnaan model kit lebih lanjut.

Ada yang bentuknya batang persegi, bulat, segitiga, dan lembaran. Dengan berbagai ukuran mm. Sangat bermanfaat pada proses detailing atau penyempurnaan model. Misalnya penambahan frame di kokpit sehingga terlihat lebih realistik (batang penguat bagian dalam kokpit, atau di ruang roda dsb). Lembar plastik bisa digunakan menambahkan detil atau landasan di area yang sebelumnya terlihat kosong dsb. Enaknya plastik ini juga dapat direkatkan dengan lem plastik model, sehingga lebih kuat dan mudah pemakaiannya. Potong menggunakan cutter tajam dan penggaris besi.

Beli:
Di toko model kit.
Harga: 60-rb an per lembar atau 75 rb an per bungkus isi 5-10 batang. dsb.

Tack all, Blue tack
Namanya macam-macam dan mereknya sudah banyak saat ini dulu di sini cuman ada yang warna hijau, diluar negeri terkenal dengan warna biru. Saat ini ada yang putih buatan lokal (Bantek). Perekat serba guna dan daya rekatnya lama hilang meski sudah dipakai berulang kali. Seperti lilin mainan bisa dibentuk apa saja namun digunakan untuk melekatkan. Penulis sering menggunakan tack ini untuk mengisi rumah roda yang sudah di cat putih sebelum ditutup oleh masking tape, menempelkan kaca kanopi ke kokpit sementara, melekatkan komponen besar/kecil ke batang penjepit sebelum di cat. Dan banyak lainnya. Jika sudah dipakai bisa digulung atau di gumpalkan dan siap dipakai ulang. Praktis sekali.

Beli:
Saat ini sudah banyak di supermarket, toko peralatan tulis dsb.
Harga: 15-30 rb an tergantung ukuran.

Komponen Aftermarket (Resin, Decal, metal etch)
Komponen aftermarket resin buatan black box, metal etch Eduard, Decal isra decal atau resin isra cast dan banyak lagi mereknya sangat berguna bagi modeler yang ingin membuat model kit dengan detail lebih rinci/akurat. Jika sulit melakukan detailing sendiri (menggunakan bahan plastik pla/beam diatas) atau ingin mendapatkan detil yang lebih akurat, aftermarket komponen adalah salah satunya.

Beli:
Di toko model kit (terutama P&P banyak pilihan) dan juag di online webstore seperti lucky model.
Harga: mulai dari 100rb hingga 800rb tergantung ukuran. Kadang-kadang lebih mahal dari kitnya




Alat-alat bantu untuk proses decal yang lebih sempurna seperti settling solution agar decal lebih dapat merekat dengan baik, dan juga decal softtener agar decal menjadi lebih lemas/lembut dan dapat mengikuti kontur kit (terutama lengkung) dengan lebih mudah.

Mark Setter/Decal Fix
Agar proses decal sempurna maka pemakaian beberapa cairan pembatu decal set ini sangat berguna. Decal yang tidak menempel dengan sempurna dapat menyebabkan silvering (adanya gelembung udara terperangkap karena decal tidak merekat sempurna. (umumnya juga untuk perekatan di area dengan cat flat bukan mengkilap). Ada dua yang penulis temukan di tanah air yaitu Mark setter dari Mr Hobby dan Decal Fix dari Humbrol.

Beli:
Di toko model kit.
Harga: Kisaran 30-60 rb an

Mark Softer
Yang satu ini membantu untuk melembutkan decal agar lebih mudah mengikuti kontur body dari model kit. Biasa nya pada pemasangan di kontur membulat/melengkung atau pemasangan decal di cockpit pesawat tipe raised/tombol. Dengan pemakaian mark softer maka decal akan mengikuti kontur model kit termasuk recessed/raised panel dengan lebih sempurna. Perlu hati hati karen bial terlalu banyak decal bisa pecah dan meleleh rusak. Umumnya sapukan secukupnya di atas decal tunggu satu menit lalu keringkan dengan cutton butt.

Beli:
Di toko model kit
Harga: Kisaran 30-60 rb an

Salah satu alat-alat penting/dasar dalam perakitan kit, mulai dari cat dasar, berbagai tipe cat (acrylic, enamel, dsb), peralatan cat mulai dari kuas, airbrush pen dan kompresornya. Tidak lupa peralatan masking baik tape masking dan juga liquid mask.

Cat Dasar
cat ini umumnya digunakan untuk melapisi plastik terlebih dahulu agar nantinya cat memiliki daya rekat yang lebih baik. Cat dasar biasa dipakai untuk memeriksa apakah dempul sudah baik/halus, dsb.

Beli:
Toko penjual cat model kit, ada yang kaleng semprot juga. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 20-75 ribu an Rupiah.

Cat Enamel
Cat tipe enamel sebenarnya merupakan cat yang sudah lama ada. Berbagai macam merek baik dari Tamiya, Model Master, Mr. Hobby dan sebagainya. Cat ini memiliki thinner khusus enamel. Atau gunakan thinner multi guna Mr.Hobby. Cat enamel juga lebih enak digunakan untuk pengecetan menggunakan kuas.



Cat merek Model Master lebih memiliki varian warna yang akurat dengan mengacu ke kode/referensi warna FS. (Umumnya tepat untuk beberapa skema warna pesawat). Namun untuk yang tidak terlalu mementingkan akurasi warna maka hal tersebut tidak berpengaruh banyak.

Merek Tamiya warnanya lebih umum, kelebihannya mudah diperoleh. Saat ini di department store misalnya ada juga dijual merek Academy.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 12-30 ribu an Rupiah per botol/kaleng.

Cat Acrylic
Tipe ini umumnya mengandung pengencer air, umumnya menggunakan pengencer/thinner acrylic khusus (untuk menjaga akurasi dsb). Namun bisa juga menggunakan alcohol, atau penulis saat ini menggunakan Methanol. Keunggulan cat ini adalah lebih tidak beracun (dibandingkan enamel atau lacquer).

Hanya saja lebih sulit menggunakan kuas karens sifatnya yang menggumpal tidak menyebar. Namun untuk touch up/detailing tombol atau detil2 kecil acrylic lebih solid warnanya.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 12-30 ribu an Rupiah per botol/kaleng.

Cat Kaleng/Lacquer
Cat semprot kaleng sangat mudah digunakan terutama untuk coating clear dan juga untuk warna-warna tertentu. Umumnya menggunakan bahan pengencer/thinner jenis lacquer. Bersifat lebih keras namun karena untuk model penulis pikir kadarnya sudah disesuaikan. Ada warna clear, flat, dan juga warna silver dll. Merek yang umum ditemui adalah Tamiya dan Mr Hobby.

Beli:
Toko penjual cat model kit. Lihat Reference
Harga: berkisar dari 50-90ibu an Rupiah per botol/kaleng. berbagai ukuran.

GUTS !!

1 komentar:

  1. mantap gan materinya, mudah d cerna. mengenai widget. sebaiknya anda hapus yang tidak penting. oh iya video Road to Alim keren juga. wkwkkwwkwk. tapi menurut saya itu menganggu d tampilan. sebaiknya d letakkan d postingan saja. jangan lupa kunjungi : litefrost.blogspot.com. saya juga seneng all about gundam

    BalasHapus